Thursday, April 19, 2012

Pelajaran dari Musa

Keluaran 4:3-4 Firman TUHAN: "Lemparkanlah itu ke tanah." Dan ketika dilemparkannya ke tanah, maka tongkat itu menjadi ular, sehingga Musa lari meninggalkannya. Tetapi firman TUHAN kepada Musa: "Ulurkanlah tanganmu dan peganglah ekornya" --Musa mengulurkan tangannya, ditangkapnya ular itu, lalu menjadi tongkat di tangannya

Di ayat ini Tuhan menunjukkan kuasaNya yg ajaib kpd Musa. Dan yg luar biasanya lagi, Musa, seorang manusia biasa, saat menuruti perintah Tuhan, mampu memanifestasikan kuasa mujizat Tuhan yg luar biasa.

Kita pun seperti Musa yg diutus Tuhan, bedanya, misi kita kali ini adl utk memanifestasikan kuasa Allah dan memperkenalkan Yesus kpd dunia. Apa yg bisa kita teladani dr sikap Musa di ayat tsb?
1. Saat pertama disuruh pasti ada keraguan dan kekuatiran dlm diri Musa, namun Musa belajar utk PERCAYA, meskipun ia baru saja bbrp menit sebelumnya "kenal" Tuhan. Ia belum punya pengalaman apapun dgn Tuhan. Adakah kita yg sudah lama kenal Tuhan dan sudah sering melihat pertolongan Tuhan dlm hidup kita namun masih sering tdk percaya?

2. Musa memilki KEBERANIAN, walaupun sempat ragu dan kuatir, dia tdk membiarkan keraguan atau ketakutannya membuatnya lari dr Tuhan. Ia berani mencoba hal2 yg kelihatannya tdk masuk akal asal itu disuruh Tuhan. Bagaimana dgn kita? Adakah kita malah menghindar saat menghadapi sesuatu yg tampak di luar kemampuan dan akal kita?

3. Dia TAAT melakukan apa yg diperintahkan Tuhan kpdnya meskipun dia belum tahu hasilnya akan seperti apa. Disuruh lempar tongkat, taat. Disuruh pegang ular, taat. Taat saja tanpa tanya2 atau protes. Adakah hari2 ini kita lbh banyak taat atau lbh banyak bertanya2 / protes kpd Tuhan?

1 comment:

  1. Amin….Renungan yang menarik, mengingatkan saya akan Yesus dan Musa. Saya mencoba membuat renungan tentang ini di https://youtu.be/P94DbuJXO0c semoga anda juga suka.

    ReplyDelete